Mar 8 2016

Tujuh Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Pamor minyak kelapa belakangan ini naik kembali. Selain membuat makanan terasa enak, Minyak kelapa ini juga sangat baik bagi kesehatan kita. Berikut ini ada tujuh manfaat minyak kelapa bagi kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan energi

Kendati minyak kelapa ini sempat disingkirkan dikarenakan telah dianggap memiliki kandungan lemak jenuh, penelitian telah membuktikan lemak yang jenuh dalam minyak kelapa hanya mengandung asam lemak rantai medium yang digunakan untuk sumber energi cepat, bukan seperti lemak rantai lebih panjang yang cenderung disimpan sebagai lemak dan bikin gendut.

2. Menjaga kestabilan gula darah

Struktur unik dari minyak kelapa yang berantai medium ini dapat membuatnya bereaksi seperti glukosa yang memberi makanan tubuh di tingkat selular, meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Bebas laktosa

Minyak kelapa lebih mudah dicerna dan sangat cocok sekali bagi kaum vegan. Sangat efektf sekali untuk menggantikan butter dan lemak hewani lainnya.

Meskipun minyak kelapa ini memiliki kandungan lemak jenuh yang pada minyak dan lemak jenis lain meningkatkan kolesterol, jenis lemak dalam minyak kelapa justru meningkatkan kolestrol baik yang bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Minyak kelapa ini terbuat dari kemak yang sehat dan disebut dengan lauric acid, caprylic acid dan capric acid. ketiganya terbukti memiliki sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri yang dapat membentu anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu pencernaan

Minyak kelapa ini sangat terbukti sekali dapat membantu untuk mencegah keluhan yang berkaitan dengan masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan antimikroba di dalamnya yang mampu mengatasi bakteri, jamur dan parasit yang mengganggu sistem pencernaan.

6. Mengurangi peradangan

Minyak kela juga sudah terbukti mampu mengurangi peradangan kronis dalam tubuh. Banyak peradangan yang mengakibatkan nyeri. Dengan mengonsumsi minyak kelapa ini bisa mengurangi rasa nyeri tersebut.

7. Bisa dimasak dalam suhu tinggi

Minyak kelapa tidak akan rusak meski dimasak dalam suhu yang sangat tinggi. Maka dari itu bisa digunakan untuk membuat gorengan lebih aman. Minyak kelapa tidak mudah berasap disuhu tinggi sehingga tidak teroksidasi dengan mudah.

  • Manfaat Sehat Dari Keringat Yang Tidak Pernah Terpikirkan

    Berita Terpopuler | Berbagai aktivitas seorang manusia memang ada yang menyebabkan keluarnya keringat. Saat berolahraga di siang hari, tubuh manusia aka mengeluarkan...

  • 4 Makanan Sehat yang Dapat Menyiksa Usus

    Berita Terpopuler | Program diet yang mungkin akan dapat meningkatkan rasa kembung yang dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Makanan organik dan gandum...

  • Bahaya Sering-sering Galau Bagi Kesehatan

    Berita Terpopuler | Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab orang menjadi galau, mulai dari putus cinta atau terkait dengan masalah pekerjaan. Tapi...

  • Ciri-ciri Penyakit HIV pada Laki-laki

    Berita Terpopuler | HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini mampu menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk...