Feb 5 2016

Manfaat Sehat Dari Keringat Yang Tidak Pernah Terpikirkan

Manfaat Sehat Dari Keringat Yang Tidak Pernah Terpikirkan

Berita Terpopuler | Berbagai aktivitas seorang manusia memang ada yang menyebabkan keluarnya keringat. Saat berolahraga di siang hari, tubuh manusia aka mengeluarkan keringat melalui pori-pori kulit. Saat kita mengonsumsi makanan yang pedas dan pasas, keringat bercucuran di wajah. Ketika presentasi yang menegangkan, tangan akan terasa dingin dan akan mengeluarkan keringat.

Secara sekilas berkeringat ini memang tidak begitu menyenangkan dikarenakan selalu dikaitkan dengan suhu ruangan yang panas atau yang menjadi kotor. Padahal keringat yang muncul ternyata memberi banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ada beberapa manfaat keringat bagi tubuh.

  • Meluruhkan racun

Salah satu cara menghilangkan racun di dalam tubuh yaitu dengan cara mengeluarkan keringat. Keringat dapat menggelontor berbagai macam zat untuk keluar dari dalam tubuh, misanya alkohol, kolesterol dan garam. Tubuh melepaskan racun melalui saluran keringat.

Sebuah penelitian pada tahun 2011 yang diterbitkan didalam jurnal tersebut mengungkapkan bahwa banyak sekali elemen racun yang ternyata keluar bersamaan dengan keringat.

Para peneliti meyakini bahwa analisis terhadap keringat ini dapat digunakan sebagai metode untuk membantu elemen racun dalam tubuh manusia. Selama ini dunia kesehatan menggunakan darah dan urin untuk melacak keberadaan racun dalam tubuh.

  • Memicu keluarnya hormon kebahagiaan

Keringat yang bercucuran dapat keluar saat berlatih di pusat kebugaran atau ketika berjalan di tangah teriknya sinar matahari. Gerak badan akan meningkatkan hormon endorfin sehingga tubuh merasa nyaman. memang, hormon yang berjenis ini dapat dilepaskan saat tubuh melakukan aktivitas fisik.

  • Menurunkan risiko batu ginjal

Berkeringat dapat menjadi cara ampuh untuk mengeluarkan garam dan mempertahankan kalsium dalam tulang. Hal ini akan membatasi terjadinya akumulasi garan dak kalsium dalam ginjal serta urin yang biasanya mengakibatkan terjadinya batu ginjal.

  • Mencegah demam dan sakit

Berkeringat sebenarnya dapat membantu dan melawan kuman penyebab tuberkulosis dan bakteri jahat lainnya.

Dr.Diane De Fiori, seorang pakar kulit di Rosacea Treatment Clinic di Melbourne, Australia kepada  Medical Daily mengatakan bahwa “keringat memiliki kandungan peptida antimikroba yang sangat efektif sekali dalam melawan virus, bakteri, dan jamur. Peptida ini dapat masuk kedalam membrantas bakteri dan kemudian menghancurkannya”.

  • Menghilangkan jerawat

Pori-pori kulit manusia ini terbuka saat berkeringat dan melepaskan sumbatan yang bisa menghambat keluarnya keringat. Keringat ini mampu membersihkan racun tubuh yang biasanya menyumbat di pori-pori. Racun inilah yang mengakibatkan jerawat dan noda pada kulit.

Manfaat dari keringat untuk menghilangkan jerawat hanya dapat dirasakan pada orang yang jumlah keringatnya sedikit sampai sedang. Keringat yang berlebihan, biasanya disebut hiperhidrosis, dapat mengakibatkan infeksi kulit seperti kulit dan kulit berjamur. Eksim dan ruam pada kulit juga lebih banyak terjadi pada orang yang mengalami hiperhidrosis.

  • Tujuh Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

    Pamor minyak kelapa belakangan ini naik kembali. Selain membuat makanan terasa enak, Minyak kelapa ini juga sangat baik bagi kesehatan kita. Berikut...

  • 4 Makanan Sehat yang Dapat Menyiksa Usus

    Berita Terpopuler | Program diet yang mungkin akan dapat meningkatkan rasa kembung yang dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Makanan organik dan gandum...

  • Bahaya Sering-sering Galau Bagi Kesehatan

    Berita Terpopuler | Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab orang menjadi galau, mulai dari putus cinta atau terkait dengan masalah pekerjaan. Tapi...

  • Ciri-ciri Penyakit HIV pada Laki-laki

    Berita Terpopuler | HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini mampu menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk...